apresiasi pakanan kawula alit

ternyata setelah membaca komentar dan usrak usrek di blog sedulur yang lain, banyak yang memandang sebelah mata perihal lawuh kawula alit yang saya templek kan kemarin.
tempe penyet mereka menyebutnya... tapi saya tetap menamakan lawuh ini sebagai panganan kemproh kemprohan..
dibandingkan dengan tempe penyet (daerah jateng jogja) ato pecak tempe (jawa timuran) jelas aroma dan kadar gizi beda jauh..

untuk lebih jelasnya mari kita apresiasi....

tempenya:
tempe penyet yang dijual di kaki lima digoreng di minyak jlantah entah jlantah gereh, ato jlantah bar dinggo nggoreng singo, kolesterol..?? jelazzz... resiko stroke lebih tinggi sak paket tempe (isi 2 lembar, biasanya harga antara 1000-1500)

tempe kemproh saya, kalo takut kolesterol, ganti saja pake tempe bacem ato tempe godok khas boei ato pakunjaran.. tempe bosok yang sejatinya buat bumbu sambel tumpang boleh juga kalo tega.. kalo lagi survive bisa pake tempe mentah.. malah tinggi PST (protein sel tunggal) nya.. harga per ekor antara 300-500 (150-250 untuk mentah..). jikalau kepepet diujung tanduk (gak punya duit, perut melilit, malaikat maut mengempit) ndas wirog pun bisa di olah... pada prinsipnya: 'ono rego, ono roso'

sambelnya:
tempe penyet kaki lima pake sambel massal, jadi selera asin, legi, kecut dan pedesnya standar buat masyarakat umum.. sangat tidak mengakomodasi buat anda yang ekstrim.. (yang hobi nggado uyah, bercita cita diabetes, golongan buto ijo yang hobi ngemil lombok)
jumlah sambel terbatas.. (bisa nambah tapi diprenguti bakule). kebersihan tak terjamin, kadar gizi dipertanyakan...

sambel kemproh sangat ngirit karena bahan baku masih alami tanpa digoreng ato direbus dulu selain itu, bisa didapat di lingkungan sekitar.. kadar gizi dan dosa mencukupi... selera bisa di ajust sesuai lidah masing masing.. kalo turah bisa buat ngraupi teman yang bertamu tapi ngrepoti..

sekarang ap tu yu deh.. mau beli di kaki lima, silakan.. mau bikin sendiri, tinggal di apalin postingan saya kemarin ato diprin.. hak cipta..?? sate saja, kita ini urip neng alam ndonya rak usah angel angel, semua bagi saya sodara... intinya nggak ada paten kok, paten patenan malah ada.. (setelah memakannya plus minum kate'i rong krat)

mohon maaf kepada ndoro ndoro abdi depkes RI karena saya njangkar panjenengan semua..

tememplek by endik kurang luwih jam 4:08 p.m.,

17 gayung bersambut:

kurang luwih jam 11/15/2006 10:36:00 p.m., Anonymous tito mengubrus...

Sampeyan itu emang hobi panganan njijiki. Saya kasih saran, lain kali mbok foto makanannya dipajang. BIar kita lebih berselera gitchu lho

 
kurang luwih jam 11/16/2006 09:03:00 a.m., Blogger kawula alit mengubrus...

*dokter tito: waduh dok, nuwun sewu lho saya nglangkahi panjenengan dalam hal kesehatan. anu yang namanya kawula alit pasti bin jelas nggak punya barang yang bisa buat motret... mau saya sket malah jadinya lebih kemproh dan njijiki dari aselinya.. nggak boleh, namanya kebohongan publik

 
kurang luwih jam 11/16/2006 09:34:00 a.m., Anonymous kw mengubrus...

hmm. alternatif kuliner yang layak dikembangin mas. sampean kayaknya bakat banget. ayo coba terus resepnya yang sehat(?) dan hemat itu. :)

 
kurang luwih jam 11/16/2006 10:37:00 a.m., Anonymous -gt- mengubrus...

hayah, sampeyan iki kerjaane kok gur umpyek panganan ae tow, ga ono kerjaan liyo pow? bener kuwi kt dokter tito, piye carane ben gawe aku berselera ngono loh :D

 
kurang luwih jam 11/16/2006 10:56:00 a.m., Blogger Bangsari mengubrus...

daripada nggolek kerjaan lagi susah, buka tempe penyet wae piye? mengko aku melu urun tambah modal. oke? :D

 
kurang luwih jam 11/16/2006 01:05:00 p.m., Anonymous tito mengubrus...

Modal? Bikin proposal acara tv wisata panganan kere! Anda sudah persis Bondan Winarno. Digambar nggak apa2, gambarnya bagus :D. Kethek wedhoknya kemarin ayu itu kok.
Btw, bungkus mie instant itu apa juga kebohongan publik? Wong di dalam gak ada telur ceplok kayak foto di bungkusnya.

 
kurang luwih jam 11/16/2006 01:12:00 p.m., Anonymous dirac mengubrus...

halah, isih iklan tempe penyet?

 
kurang luwih jam 11/16/2006 01:16:00 p.m., Blogger kawula alit mengubrus...

* kW: terima kasih dukungannya.. saya terharu.. mungkin panjenengan saya undang untuk mencicipi pertama kali kali ada yang minta demo masak

* -gt-: la kowe gaweane puisi terus ora masak ke aku... rumah tangga iso pecah lo..

* bangsari: ora popo mas.. tulung goleke lapak ng jero Sarinah Plasa..

*mantri Tito: wah ide bagus dok..
kalo masalah gambar mungkin saya malah mau jaluk tulung njenengan.. kalo saya gambar sendiri nanti pada bingung.. ini gambar makanan apa gambar kethek..?

 
kurang luwih jam 11/16/2006 01:20:00 p.m., Blogger kawula alit mengubrus...

*dirac: bukan iklan mas bos, tapi bedah makanan

 
kurang luwih jam 11/16/2006 03:10:00 p.m., Anonymous -gt- mengubrus...

aku kok moro2 meh mbok pisuhi tow mas, hiks. ora sayang ki :P

 
kurang luwih jam 11/16/2006 04:45:00 p.m., Blogger kawula alit mengubrus...

hehe.. yen sayang berarti ora nesu

 
kurang luwih jam 11/17/2006 12:54:00 p.m., Anonymous -gt- mengubrus...

mas mbojoo yook :P

 
kurang luwih jam 11/17/2006 02:37:00 p.m., Anonymous pitik walik sobo kebon kacang mengubrus...

panganan kok melas ngene tho le..lha sing nggegirisi malah panganane dudu wong-e..

 
kurang luwih jam 11/17/2006 02:49:00 p.m., Anonymous bahtiar mengubrus...

mergo leku guyu kemekelen ....

dadi lali arep komentar opo ....:)

 
kurang luwih jam 11/17/2006 03:02:00 p.m., Blogger kawula alit mengubrus...

* -gt-: mbojo kemproh kemprohan yo git..

* pitik walik sobo kebon kacang: wah mas.. panganan itu sudah disesuaikan dengan wibawa kawula alit..

* mas bahtiar: ora usah komentar, dijajal wae sambel tempene..

 
kurang luwih jam 11/17/2006 04:08:00 p.m., Anonymous koeaing! mengubrus...

Watricht ! Ada orang aneh satoe lagih ini poen......semingkin kemproh waroeng bijasanjah semingkin lekker masa'annjah itoe boeng !

 
kurang luwih jam 11/17/2006 05:03:00 p.m., Blogger kawula alit mengubrus...

*koeaing: hehe.. semingkin kempfroh, mamboe en diroeboeng itoe laler poen semingkin lekker en nggilanie masa'anya..

 

Een reactie plaatsen

dipun link kaliyan postingan menika:

Een link maken

<< mbalik

sakderengipun kawula nyuwun agunging samudra pangaksami dumateng panjenengan sami, sesepuh pinisepuh, bapak bapak saha ibu ibu, mas mas saha mbak mbak ingkang kersa mampir dhateng papan kawula menika, menawi wonten kalepatan, sedaya klenta klentunipun bilih tumindak lan atur, nyuwun boten dipun dadosaken penggalih, mugi mugi Ngarsa Dalem Sing Ngecat Lombok paring berkah..