sepenggal cerita revolusi fongers - 1

jemuah sore itu udara cukup dingin, mendung menggantung seolah ikut prihatin dengan keadaan bangsa...

via YM, ingsun memberi tahu dan sinambi manas manasi si kakak asuh sepeda dot kom yang juga seorang bekas serdadu heiho untuk ngepit saat ngkongko van der tjangkroek di cafe lobby Hotel Indonesia dan akhirnya..

"yo wis ngko tak nganggo pit tapi kowe ngepit sisan ya.."

maka selesai jeglok absen kuliah saya cuman nongkrong di pos satpam trimaning mung sak umpakan udud...
lalu pulang riang gembira naik purimas air dengan nomer penerbangan m36 dari bandara makmur pejaten ke bandara pasar minggu...

sampe di pasar minggu lalu lintas pesawat macet dan terpaksa turun di ramayana dan melanjutkan perjalanan via sikil air ke spoorweg station van der monday market sinambi nonton kahanan... keadaan mencekam... pemandangan berkisar dari gento gento elek sampe mbak mbak yang pulang kerja berjalan untuk melintasi kemacetan monday market airport (bandara pasar mingu) sinambi pamer bangkek'an... aurot daaabb...

benar benar keji wanita wanita kota itu sobat... jikalau engkau bertanya kepada rumput yang bergoyang, maka kamu jadi juga kepingin bergoyang...

setelah menginjakan kaki di spoorweg station, saya menunggu kedatangan spoor dari bogor yang chabarnya ditunggangi laskar merah yang akan meng coup d etat kota djakarta

naluri intelijen BKR saya langsung bersiaga.. dengan pistol nagant revolver kaliber 7,62 bikinan tahun 1910 sitaan dari gudang djepoen di saku celana dan madjalah FHM edisi strategi intelijen sebagai panduan di dalam tas.. saya bersiap dengan segala kemungkinan terburuk..

kereta tak kunjung datang...

ooverste station chief mengabarkan bahwa kereta baru sampe di depok lama..

wooo.... iiyyyyyaaaaaaaasssssuuuuuuu...! aku selak kebeleeeeettt...!!

sambil menahan perut yang mbededeg saya perhatikan di sudut sudut emplasemen.. tampak ada menggerombol dengan memakai badge merah putih di petji dan menenteng senapan mosin carabine.. entah dari kesatuan mana...

di tengah kegalauan hati saya menanti waktu dan perintah dari presiden HI untuk amankan kota, tiba tiba.. iklan nda...

melintas begitu saja tanpa sedikitpun terbersit ketakutan seorang noni dengan mencangklong tas kulit.. saya salut..

saya tak ingat wajahnya sekarang.. tapi ingat bangkek'ane... putih ndaaa.. resik pisan..

dari pengeras suara dikabarkan bahwa kereta sudah sampai dan memang tak lama kemudian kereta datang... jejal penuh penumpang terlihat hingga atap atap gerbong tua.. saya naik

perjalanan cukup kencang untuk sebuah lokomotif tua.. saya kemudian berpikir si masinis memberi bahan bakar loko dengan kayu djati tua yang dioplos tjioe solo..

ah jangan berprasangka buruk.. ini bukanlah saatnya..

di stasiun new monday market saya turun.. lho kok mung pasar minggu baru wae..? ngirit nda... ngelong longi 2000 nggo angkutan pendhak dinone...

saya transit dulu di kontrakan... sebuah bedeng tua milik orang soerabaia yang berjualan kain di seputaran mayestik... dan mandi.. air sumur serasa segar mengentaskan peluh dan lunglai di sekujur tubuh saya..

selesai berbenah diri, saya siapkan segalanya.. speda tua hartog sitaan dari kompeni saya pompa dan bergegas menuju ke Hotel Indonesia untuk bergabung dengan pasukan tjakra birawa...!

selamatkan revolusi...!

sampai di HI tampak si presiden lagi kemulan sarung..

"mriang dab.."

disampingnya setia menemani si mentri keuangan kabinet subandrio

disudut sudut banyak yang memperhatikan gerak gerik saya.. tjakra birawa.. saya bersiul suara tjutjakrowo sebagai tanda salam.. balasan demi balasan saya terima..
OK lapor pak presiden.. kota masih aman..!

si mentri tanpa basa basi langsung pinjam speda..
"saya mau mengecek dana revolusi.."

silakan.. hati hati pak..

tak lama kemudan dia balik dan melapor ke presiden..

kami mengobrol dan berdiskusi menyikapi kabar angin akan terjadinya coup di istana.. suasana benar benar mencekam...

sekitar jam stgh 11 an datang rekan yang tadi sore saya break untuk mengamankan kota... skuter bantuan italia dipakainya.. pitmu ndi...?

LHOOOOOOO.... kok gowo gereh....???????

bininya ikut.. dan justru pake speda tua itu... kejaaamm...

ditanyai sang mentri, ia menjawab,
"saya khawatir dengan dia.. sayapun mau angkat senjata demi bangsa dan dia..", sambil menggenggam erat dan mengokang tokarev kumalnya

walah...

detik demi detik kami lalui dengan mencekam... hingga pak presiden mengkomando kami untuk kembali ke barak..
"bali yo dab... aku wis ngantuk..."

dan si kakak asuh dan kakah asih mau kemana..?

"ke cempaka putih..."

bajilaaaakkkk... jauuuuhhhh untuk ukuran wanita mengayuh sepeda tanpa rem.. apalagi di tengah keadaan runyam begini...

final resultnya, saya koordinasi, buka jalan dan jemput presiden untuk pertemuan rahasia di jatiwaringin dekat halim..

tememplek by endik kurang luwih jam 10:56 a.m.,

10 gayung bersambut:

kurang luwih jam 1/30/2007 11:56:00 a.m., Blogger kenny mengubrus...

vol 2 durung kelakon malah wes ono revolusi 1 maneh...
entuk makhluk alus pora le, hasil e berevolusi :D

 
kurang luwih jam 1/30/2007 11:59:00 a.m., Blogger endik mengubrus...

lhoooo.... budhe kenny kok pertamax...??

gasik pol... kangen karo tembung tembung ku opo piye..??

 
kurang luwih jam 1/30/2007 04:14:00 p.m., Blogger Bangsari mengubrus...

ora komen. arep moco sambungane sik...

 
kurang luwih jam 1/31/2007 07:28:00 a.m., Anonymous Anoniem mengubrus...

m36 iku ukuran kocomoto yaa dab :)

 
kurang luwih jam 1/31/2007 02:19:00 p.m., Blogger endik mengubrus...

*mas ipul: yo wis sabar kudune.. iki cerbung kok.. sak nyandake wektu sisan.. sing penting ono critone.. :D

*mas bahtiar: pirang tangkepan tanganmu kuwi kiro kiro mas..?

 
kurang luwih jam 2/01/2007 09:05:00 a.m., Anonymous Anoniem mengubrus...

soewe ra noelis mala semingkin terpendem dalem ranah conspiratie kowe...

 
kurang luwih jam 2/01/2007 11:03:00 a.m., Blogger Iman Brotoseno mengubrus...

woh coro jowo kabeh

 
kurang luwih jam 2/01/2007 11:28:00 a.m., Anonymous Anoniem mengubrus...

Bajindul...sejak kapan gue jadi kakak asuh :p mas bah tuh...

 
kurang luwih jam 2/06/2007 09:00:00 a.m., Anonymous Anoniem mengubrus...

lama-lama revolusimu jadi evolusi mas..itu kitab strateginya mbok sekali-kali diganti kitab pupuler mas

 
kurang luwih jam 2/06/2007 03:47:00 p.m., Blogger endik mengubrus...

* koeaing!: betoel boeng.. ik djoewa bingoeng.. djaman saiki wong wadon akeh badjakane..

*imam Brotoseno: beginilah adanya seorang kawula alit bung...

*bekas heiho: mas bah itu pendiri.. (katanya lho...) :D

*jt: lho ngene iki... blas ketinggalan djamaaaan... mangkanya lengganan FHM mas... ada bonus strategi intelejennya.. berguna untuk nusa dan bangsa bila suatu saat dibutuhkan...

 

Een reactie posten

<< mbalik

sakderengipun kawula nyuwun agunging samudra pangaksami dumateng panjenengan sami, sesepuh pinisepuh, bapak bapak saha ibu ibu, mas mas saha mbak mbak ingkang kersa mampir dhateng papan kawula menika, menawi wonten kalepatan, sedaya klenta klentunipun bilih tumindak lan atur, nyuwun boten dipun dadosaken penggalih, mugi mugi Ngarsa Dalem Sing Ngecat Lombok paring berkah..